SEJARAH MINAHASA

Minahasa berasal dari kata "MAESA" yang mendapat sisipan "IN" menjadi "MINAESA" yang berarti persatuan.
Pada masa lampau Minahasa dikenal dengan nama "MALESUNG".

Orang minahasa yang dikenal dengan keturunan Toar Lumimuut pemukiman leluhur terlebih dulu di sekitar pegununggan Wulur Mahatus, kemudian berkembang dan berpindah ke Nieutakan (daerah sekitar tompaso baru saat ini). Pada masa ini pemerintahan menggunakan sistem kerajaan. Seorang raja bertahta berdasarkan garis keturunan.
Orang minahasa pada waktu itu dibagi dalam 3 (tiga) golongan yaitu :
Makarua Siow : para pengatur Ibadah dan Adat
Makatelu Pitu : yang mengatur pemerintahan
Pasiowan Telu : Rakyat
Pembagian golongan berdasarkan keturunan darah.
Oleh karena semakin lama pemerintahan semakin korup dan sewenang-wenang, maka terjadilah revolusi rakyat yang menggulingkan pemerintahan monarki.

Sistem pemerintahan kemasyarakatan akhirnya berubah setelah melalui musyawarah yang mendeklarasikan sistem pemilihan umum, pemerintahan negara demokrasi kuno, hasil musyawarah dituliskan pada sebuah batu prasasti yang kemudian dikenal dengan sebutan Watu Pinawetengan. Menurut P.Lumoindong peristiwa tersebut terjadi sekitar tahun 400-500 Masehi.

Hasil riset Dr. J.P.G. Riedel, bahwa hal tersebut terjadi sekitar tahun 670 di Minahasa telah terjadi suatu musyawarah di watu Pinawetengan yang dimaksud untuk menegakkan adat istiadat serta pembagian wilayah Minahasa.

Disana mereka mendirikan perhimpunan negara yang merdeka, yang akan membentuk satu kesatuan dan tinggal bersama dan akan memerangi musuh manapun dari luar jika mereka diserang, Ratahan nanti bergabung dengan perserikatan Minahasa ini sekitar tahun 1690.Pakasa’an Tou-Ure kemungkinan tidak ikut dalam musyawarah di Pinawetengan untuk berikrar satu keturunan Toar dan Lumimuut dimana semua Pakasa’an menyebut dirinya Mahasa asal kata Esa artinya satu, hingga Tou-Ure dilupakan dalam cerita tua Minahasa.

Pembagian wilayah minahasa tersebut dibagi dalam beberapa anak suku, yaitu:Anak suku Tontewoh (Tonsea) : wilayahnya ke timur laut Anak suku Tombulu : wilayahnya menuju utara Anak suku Toulour : menuju timur (atep) Anak suku Tompekawa : ke barat laut, menempati sebelah timur tombasian besarPada saat itu daratan minahasa belum dipadati penduduk, baru beberapa daerah yang dipadati penduduk, di garisan Sungai Ranoyapo, Gunung Soputan, Gunung Kawatak, Sungai Rumbia, Kalawatan. Perkembangan anak suku seperti anak suku Tonsea, Tombulu, Toulour, Tountemboan, Tonsawang, Ponosakan dan bantik.

Belum dapat ditelusuri pada abad keberapa pakasa’an Tountewo pecah dua menjadi Pakasa’an Toundanou dan Tounsea hingga Minahasa memiliki empat Pakasa’an . Yakni Toungkimbut berubah menjadi Toumpakewa, Toumbuluk, Tonsea dan Toundanou. Kondisi Pakasa’an di Minahasa pada jaman Belanda terlihat sudah berubah lagi dimana Pakasa’an Tontemboan telah membelah dua wilayah Pakasa’an Toundanouw (lihat gambar) dan telah lahir pakasa’an Tondano, Touwuntu dan Toundanou. Pakasa’an Tondano teridiri dari walak Kakas, Romboken dan Toulour. Pakasa’an Touwuntu terdiri dari walak Tousuraya dan Toulumalak yang sekarang disebut Pasan serta Ratahan. Pakasa’an Toundanou terdiri dari walak Tombatu dan Tonsawang.

Walak dan Pakasa'an Wilayah walak Toulour agak lain karena selain meliputi daratan juga membahagi danau Tondano antara sub-walak Tounour yakni Touliang dan Toulimambot. Yang tidak memiliki Pakasa’an adalah walak Bantik yang tersebar di Malalayang, Kema dan Ratahan bahkan ada di Mongondouw-walaupun etnis Bantik juga keturunan Toar dan Lumimuut. Menurut legenda etnis Bantik jaman lampau terlambat datang pada musyawarah di batu Pinawetengan. Ada tiga nama dotu Muntu-Untu dalam legenda Minahasa yakni Muntu-Untu abad ke-7 asal Toungkimbut (Tontemboan). Muntu-Untu abad 12 asal Tonsea-menurut istilah Tonsea. Dan Muntu-Untu abad 15 jaman Spanyol berarti ada tiga kali musyawarah besar di batu Pinawetengan untuk berikrar agar tetap bersatu.

Sistem Pemerintahan pada empat suku utama terdiri atas :Walian :Pemimpin agama / adat serta dukun Tonaas : Orang keras, yang ahli dibidang pertanian, kewanuaan, mereka yang dipilih menjadi kepala walak Teterusan : Panglima perang Potuasan : Penasehat

Catatan Ratahan, Pasan, Ponosakan dari data buku terbitan tahun 1871. Pada awal abad 16 wilayah Ratahan ramai dengan perdagangan dengan Ternate dan Tidore, pelabuhannya disebut Mandolang yang sekarang bernama Belang (Bentenan). Pelabuhan ini pada waktu itu lebih ramai dari pelabuhan Manado. Terbentuknya Ratahan dan Pasan dikisahkan sebagai berikut; pada jaman raja Mongondouw bernama Mokodompis menduduki wilayah Tompakewa, lalu Lengsangalu dari negeri Pontak membawa taranaknya pindah ke wilayah “Pikot” di selatan Mandolang-Bentenan (Belang). Lengsangalu punya dua anak lelaki yakni Raliu yang kemudian mendirikan negeri Pelolongan yang kemudian jadi Ratahan, dan Potangkuman menikah dengan gadis Towuntu lalu mendirikan negri Pasan. Negeri Toulumawak dipimpin oleh kepala negeri seorang wanita bersuami orang Kema Tonsea bernama Londok yang tidak lagi dapat kembali ke Kema karena dihadang armada perahu orang Tolour. Karena orang Ratahan bersahabat dengan Portugis maka wilayah itu diserang bajak laut “Kerang” (Philipina Selatan) dan bajak laut Tobelo.
Kepala Walak pada waktu itu bernama Soputan mendapatkan bantuan tentara 800 orang dari Tombulu dipimpin Makaware dan anak lelakinya bernama Watulumanap. Selesai peperangan pasukan Tombulu kembali ke Pakasa’annya tapi Watulunanap menikah dengan gadis Ratahan dan menjadi kepala Walak menggantikan Soputan yang telah menjadi buta. Antara Minahasa dengan Ternate ada dua pulau kecil bernama Mayu dan Tafure. Kemudian kedua pulau tadi dijadikan pelabuhan transit oleh pelaut Minahasa. Waktu itu terjadi persaingan Portugis dan Spanyol dimana Spanyol merebut kedua pulau tersebut. Pandey asal Tombulu yang menjadi raja di pulau itu lari dengan armada perahunya kembali ke Minahasa, tapi karena musim angin barat lalu terdampar di Gorontalo. Anak lelaki Pandey bernama Potangka melanjutkan perjalanan dan tiba di Ratahan. Di Ratahan, dia diangkat menjadi panglima perang karena dia ahli menembak meriam dan senapan Portugis untuk melawan penyerang dari Mongondouw di wilayah itu. Tahun 1563 diwilayah Ratahan dikenal orang Ternate dengan nama “Watasina” karena ketika diserang armada Kora-kora Ternate untuk menhalau Spanyol dari wilayah itu (buku “De Katholieken en hare Missie” tulisan A.J. Van Aernsbergen). Tahun 1570 Portugis dan Spanyol bersekongkol membunuh raja Ternate sehinga membuat keributan besar di Ternate. Ketika itu banyak pedagang Islam Ternate dan Tidore lari ke Ratahan. Serangan bajak laut meningkat di Ratahan melalui Bentengan, bajak laut menggunakan budak-budak sebagai pendayung. Para budak tawanan bajak laut lari ke Ratahan ketika malam hari armada perahu bajak laut dirusak prajurit Ratahan – Pasan.
Kesimpulan sementara yang dapat kita ambil dari kumpulan cerita ini adalah
Penduduk asli wilayah ini adalah Touwuntu di wilayah dataran rendah sampai tepi pantai Toulumawak di pegunungan, mereka adalah keturunan Opok Soputan abad ke-tujuh. Nama Opok Soputan ini muncul lagi sebagai kepala walak wilayah itu abad 16 dengan kepala walak kakak beradik Raliu dan Potangkuman. Penduduk wilayah ini abad 16 berasal dari penduduk asli dan para pendatang dari Tombulu, Tompakewa (Tontemboan), Tonsea, Ternate dan tawanan bajak laut mungkin dari Sangihe.
Peperangan besar yang melanda wilayah ini menghancurkan Pakasa’an Touwuntu yang terpecah menjadi walak–walak kecil yang saling berbeda bahasa dan adat kebiasaan yakni Ratahan, Pasan, Ponosakan. Masyarakat Kawanua Jakarta mengusulkan agar wilayah ini dikembalikan lagi menjadi Pakasa’an dengan satu nama Toratan (Tou Ratahan-Pasan-Ponosakan). Karena negeri-negeri orang Ratahan, Pasan, Ponosakan saling silang, berdekatan seperti butir padi, kadele dan jagung giling yang diaduk menjadi satu. Penduduk wilayah ini memang sudah kawin-mawin sejak pemerintahan dotu Maringka akhir abad 18.
Dahulu sebelum kedatangan bangsa eropah daerah ini dipimpin seorang raja, kemudian saat pecah perang Minahasa Bolaang Mongondow maka daerah ini bergabung dengan pasukan perserikatan Minahasa. Pada pasa pemerintahan kolonial Belanda maka daerah ini semula masih otonom tetapi lama kelamaan kelamaan kekuasaan para raja dikurangi dengan diangkatnya raja menjadi pejabat pemerintahan Belanda, sehingga raja tinggal menjadi 'camat'. Pada sekitar tahun 1700 pecah perang Ratahan melawan Belanda, karena ratahan menolak wilayahnya masuk dalam kekuasaan Belanda. Para raja yang pernah berkuasa di Ratahan diantaranya : Antou, Soputan, Maringka.

Saat bangsa Eropah mulai mendiami daerah Minahasa sejak tahun 1512 maka semakin terjadi perkembangan dalam sistem kemasyarakatan. Masa Portugis, Spanyol, VOC (Belanda)Minahasa telah Memiliki lebih dari 20 kepala negara republik otonom.

Pada tahun 1919 Belanda mengubah Minahasa menjadi 16 Daerah dibawah kekuasaannya. Seperti yang tertuang dalam lembaran Negara Nomor 64 Tahun 1919. Pada saat itu minahasa terbagi dalam 16 distrik : distrik tonsea, manado, bantik, maumbi, tondano, touliang, tomohon, sarongsong, tombariri, sonder, kawangkoan, rumoong, tombasian, pineleng, tonsawang, dan tompaso. Kemudian Tahun 1925,dirubah menjadi 6 distrik yaitu distrik manado, tonsea, tomohon, kawangkoan, ratahan, dan amurang.

Sejalan dengan perkembangan otonomi maka tahun 1919, kota Manado yang berada di tanah Minahasa, diberikan pula otonom menjadi Wilayah Kota manado. Kemudian karena kemajuan yang semakin cepat, maka status kecamatan Bitung, berdasarkan Peraturan pemerintah nomor 4 Yahun 1975 Tanggal 10 April 1975 telah ditetapkan menjadi Kota Administratif Bitung, dan selanjutnya pada tahun 1982 ditetapkan menjadi Kota Bitung.
Dalam rangka untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna dalam rentang kendali penyelenggaraan tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pelayanan masyarakat usulan pembentukan kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon diproses bersama-sama dengan 25 calon Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia, dan setelah melalui proses persetujuan DPR-RI, maka Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon ditetapkan menjadi Kabupaten dan Kota Otonom di Indonesia melalui UU Nomor 10 tahun 2003 tertanggal 25 Pebruari 2003. Pada tanggal 21 Nopember 2003 dengan UU Nomor 33 Tahun 2003 , Kabupaten Minahasa Utara ditetapkan menjadi daerah otonom yang baru. Dengan adanya Pemekaran tersebut maka wilayah minahasa menjadi 4 (empat) Kabupaten (Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara) dan 3 (dua) Kota (Kota Manado, Bitung dan Tomohon).

Sayang sekali hingga kini sejarah Minahasa belum diperhitungkan untuk masuk dalam sejarah buku nasional Indonesia. Itu sebabnya PelajaranTondano�Kisah �Perang Tondano� antara Tou Minahasa dengan penjajah Belanda, terus diperjuangkan oleh tokoh-tokoh masyarakat, untuk masuk dalam buku pelajaran sejarah Nasional Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari upaya para tokoh masyarakat yang akan melaksanakan pra seminar mengenai cerita pertempuran tersebut. Menurut Profesor Drs Aubrey Brian G Rattu DEA, yang membawa makalah dalam pra-seminar tersebut, inti yang akan ditampilkan adalah menyangkut pelurusan sejarah Perang Tondano yang terjadi pada tahun 1808-1809 silam. �Pelurusan ini untuk dapat diperjuangkan masuk dalam kurikulum pelajaran sejarah nasional, mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia,� ujar Rattu. Dikatakannya lagi, pelurusan sejarah ini perlu dilakukan karena hingga kini kisah tersebut tak pernah disentil ataupun dimasukkan dalam buku-buku sejarah. �Kebanyakan buku sejarah isinya lebih banyak menceriterakan perjuangan yang terjadi di daerah lain terutama Pulau Jawa, jadi buku sejarah yang ada lebih kepada Jawa Centris,� jelasnya. Sementara itu, pada praseminar di Jakarta lalu menghadirkan pihak Depdagri, Depdiknas, para tokoh-tokoh Kawanua yang berkiprah di ibukota dan sejumlah elemen terkait. Pra seminar akan dilanjutkan dengan seminar di Manado yang diketuai oleh Laksamana Pertama Willem Rampangiley, dan diharapkan hal ini akan menghasilkan sesuatu yang bisa berguna bagi tujuan masyarakat Minahasa pada khususnya dan Sulut pada umumnya.

Senin, 15 Februari 2010

Manado Surga Wisata

Manado Surga Wisata














Manado Surga Wisata Pusat Sebagai Kunjungan Wisata di Indonesia dan Pasifik
Taman laut Bunaken surga lautan di Kota Manado, kota yang mula-mula didiami oleh suku Minahasa yang dulunya Disebut Tanah Malesung.



Dikota ini memiliki sejarah yang luar-biasa Kejayaan Kerajaan dengan Manado dan negara republik Minaesa kuno. Kota Manado dari maka kita dapat Mengunjungi berbagai daerah wisata yang sangat langkah dan luar biasa indahnya, di Pulau Sulawesi bagian Utara pada posisi 0 derajat 55 'sampai 1 derajat - 55' Lintang Utara, dan 124 derajat - 20 "BUJUR timur. Luas tanah Minahasa sekitar 5,273 km persegi, termasuk didalamnya Kota Bitung, Kota Manado, Kota Kotamobagu dan Kota Tomohon. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kep. Sangihe-Talaud dan sebelah Selatan dengan Kabupaten Bolaang-Mangondouw, batas timur dengan laut Maluku, dan batas barat dengan Laut Sulawesi.






Juga akses ke Jakarta, Pulau Bali, Maluku, Papua, Pilipina, Brunei, Australia, Hongkong, Singapura dan berbagai kota lainnya di Asia Pasifik.



Salah satu tempat yang harus dikunjungi wisatawan adalah Watu Pinawetengan, sebuah prasasti tempat deklarasi berdirinya pemerintahan negara demokrasi/republik kuno Minahasa.






Watu Pinawetengan Merupakan Suatu tempat berunding para pemimpin sub etnik yang ada di Minahasa untuk berikrar Bahwa sub etnik di Minahasa walaupun hidup berkelompok tapi berstu untuk menghalau para Pengacau dari luar serta membangun wilayah-wilayah yang ada di Minahasa yang ditandai dengan coretan-coretan yang ada diatas patu tersebut ..
Taman Laut Bunaken surganya para penyuka penyelaman, dapat menikmati pemandangan taman laut yang luar biasa indahnya, hanya dekat kota tepat depan kota Manado.
Taman Waruga (kuburan kuno) yang berusia ribuan tahun, satu-satunya di dunia, ini sebaiknya ditetapkan PBB menjadi warisan dunia sebelum semakin terbengkalai, rusak.Hewan langkah Tarsius, Anoa, ikan langkah Coelacanth dan banyak lagi. Banyak temapat wisata alam, bagi yang menyukai petualangan goa kuno, maka di daerah ini bertaburan goa kuno berusia ribuan tahun. juga petualangan arung jeram, masih banyak lagi.







[[Manado Surga Pariwisata]]




Multi-jaringan pasar, jaringan bisnis internasional memasarkan berbagai produk, untuk mengelola berbagai bisnis ritel (HandPhone, Sparepart HP, Tol, dll), Komputer, Internet, Printing, Peternakan, Pertanian, Perikanan, kebutuhan dasar, Konveksi, Pertambangan , Keuangan, Pariwisata dan others.Development bussines dari; Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Timor Timur, Hong Kong dan negara-negara Pasifik dan ke Eropa, Amerika, dan others.A wisata utama di Austronesia termasuk Hawaii, Indonesia di Bali, Manado Bunaken, Toraja dan lain-lain, Singapura, Filipina, Malaysia, Hong Kong, Madagaskar, Taiwan dan negara-negara lain yang memberikan kepuasan pengunjung sementara holidays.For mereka yang tertarik pada wisata alam, taman laut, arung jeram, budaya, wisata sejarah, melihat benda-benda kuno yang bergerak kami menawarkan lokai unik wisata cukup lengkap tersedia di daerah Manado, Minahasa, Bolaang Mongondow, Sangihe, Talaud, Siau. Jika Bali dengan warisan sejarah yang ada juga kesamaan di Jawa, India, daerah pariwisata sulawesi tepat di utara lokasi yang langkah satu di seluruh dunia. Karena tidak ada negara atau negara manapun yang memiliki budaya pemakaman batu berukir disebut Waruga. Hanya Waruga di Minahasa Sulawesi Utara. Juga deklarasi pendirian tetap bukti pemerintahan republik demokratis lama sistem pemerintahan ada di daerah ini yang merupakan deklarasi prasasti Pinawetengan sistem republik pendirian serikat buruh Minahasa.Terdapat juga gua-gua dan peninggalan kuno dari tahun 1.000-3.000 tersebar di Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Siau, Sangihe dan kerang Talaud.Juga bukit-bukit sisa inhabitants.For kuno petualangan arung jeram di sungai dapat mengikuti Makalu (Wongkai Minahasa Tenggara), desa Timbukar, Sungai Ranoiapo dan surga taman laut. Bunaken menawarkan surga bawah laut yang menakjubkan Coelacant terlalu dini ikan dan laut lebih areas.Animals resort sekitarnya termasuk langkah-langkah khas Sulawesi Anoa (sapi hutan), Kuskus, Tarsius, Burung Taon, dan berbagai jenis satwa yang dilindungi dalam langkah-langkah hutan Tangkoko (Bitung) Sulawesi utara dan Minahasa tersebar di forest.There banyak lagi petualangan untuk dinikmati wisata daerah ini. juga dari daerah ini memiliki akses kedaerah wisata lain di Tanah Toraja (Sulawesi Selatan atau untuk Ternate (Maluku) dan bahkan untuk Mindanao (Pilipinan), Brunei, Malaysia. Segera hubungi kami jika anda tertarik untuk mengunjungi daerah-daerah wisata di Asia Pasifik baik ke Indonesia, Filipina, dan sebagainya. atau hubungi viaEmail: wawontehu@gmail.com
Multi jaringan pasar
Multi jaringan pasar, bisnis jaringan Merupakan internasional yang memasarkan berbagai produk, mengelola berbagai usaha Ritel (HandPhone, Sparepart HP, Pulsa dan sebagainya), Komputer, Internet, Percetakan, Peternakan, Pertanian, Perikanan, Kebutuhan pokok, Konveksi, Pertambangan, Keuangan, Pariwisata dan lainnya. Pengembangan bussines dari; Indonesia, Pilipina, Malaysia, Singapura, Timor Leste, Hongkong dan negara Eropah Pasific lalu ke Amerika dan lain sebagainya. Tempat kunjungan pariwisata di Austronesia diantaranya Hawai, Indonesia di Bali, pulau Bunaken Kota Manado, Toraja dan lainnya, Singapura, Pilipina, Malaysia, Hongkong, Madagaskar, Taiwan dan negara-negara lainnya yang Memberikan kepuasan pengunjung disaat liburan. Untuk yang berminat dengan wisata alam, taman laut, arung jeram, budaya, wisata sejarah, Melihat benda-benda purbakala maka langkah yang kami menawarkan salah satu lokai yang unik Tersedia cukup lengkap Wisata di daerah Manado, Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sangihe, Talaud, Siau.






Jika Bali dengan peninggalan sejarahnya yang juga Terdapat kemiripan di DKI, maka daerah indonesia utara sulawesi justru memiliki lokasi wisata yang sangat langkah satu-satunya diseluruh dunia. Sebab tidak ada dinegara manapun atau daerah yang memiliki budaya penguburan batu berukir yang Disebut Waruga. Waruga hanya ada di Minahasa Sulawesi utara. Deklarasi juga bukti peninggalan pemerintahan Pembentukan sistem pemerintahan republik demokrasi kuno hanya ada di daerah ini yaitu Prasasti Pinawetengan Merupakan sistem republik Deklarasi Berdirinya Serikat Minahasa. Terdapat juga gua-gua peninggalan kuno dari tahun 1000 hingga 3.000 tersebar di Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Siau, Sangihe dan Talaud.Juga bukit kerang sisa makanan penduduk Purba. Untuk yang Menyukai petualangan arung jeram di sungai dapat Mengikuti Makalu (Wongkai Minahasa Tenggara), desa Timbukar, Sungai Ranoiapo dan lain sebagainya. Taman laut Bunaken menawarkan surga bawah laut yang luar biasa indah Purba Coelacant juga ikan dan banyak lagi tempat wisata laut daerah sekitarnya. Hewan-hewan ciri khas Sulawesi langkah diantaranya Anoa (sapi hutan), Kuskus, Tarsius, Burung Taon, dan berbagai jenis hewan dihutan langkah Lindung Tangkoko (Bitung) Sulawesi utara dan hutan yang tersebar di Minahasa. Masih banyak lagi petualangan wisata yang dapat dinikmati didaerah ini. juga dari daerah ini memiliki akses kedaerah wisata yang lain lagi di tanah Toraja (Sulawesi Selatan atau ke Ternate (Maluku) Bahkan ke Mindanao (Pilipinan), Brunei, Malaysia. Segera hubungi kami Jika anda berminat Mengunjungi daerah-daerah wisata baik di Asia Pasific ke Indonesia, Pilipina dan sebagainya. atau Hubungi melalui Email: wawontehu@gmail.com
Manado Surga Wisata Pusat Sebagai Kunjungan Wisata di Indonesia dan Pasifik

Dari Taman laut Bunaken surga lautan di Kota Manado, ke Watu Pinawetengan merupakan Suatu tempat berunding para pemimpin sub etnik yang ada di Minahasa untuk berikrar Bahwa sub etnik di Minahasa walaupun hidup berkelompok tapi berstu untuk menghalau para Pengacau dari luar serta membangun wilayah-wilayah yang ada di Minahasa yang ditandai dengan coretan-coretan yang ada diatas patu tersebut .. hanya 2 jam perjalanan dari Kota Manado.




Pariwisata Paradise

Multi-jaringan pasar, jaringan bisnis internasional memasarkan berbagai produk, untuk mengelola berbagai bisnis ritel (HandPhone, Sparepart HP, Tol, dll), Komputer, Internet, Printing, Peternakan, Pertanian, Perikanan, kebutuhan dasar, Konveksi, Pertambangan , Keuangan, Pariwisata dan others.Development bussines dari; Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Timor Timur, Hong Kong dan negara-negara Pasifik dan ke Eropa, Amerika, dan others.A wisata utama di Austronesia termasuk Hawaii, Indonesia di Bali, Manado Bunaken, Toraja dan lain-lain, Singapura, Filipina, Malaysia, Hong Kong, Madagaskar, Taiwan dan negara-negara lain yang memberikan kepuasan pengunjung sementara holidays.For mereka yang tertarik pada wisata alam, taman laut, arung jeram, budaya, wisata sejarah, melihat benda-benda kuno yang bergerak kami menawarkan lokai unik wisata cukup lengkap tersedia di daerah Manado, Minahasa, Bolaang Mongondow, Sangihe, Talaud, Siau. Jika Bali dengan warisan sejarah yang ada juga kesamaan di Jawa, India, daerah pariwisata sulawesi tepat di utara lokasi yang langkah satu di seluruh dunia. Karena tidak ada negara atau negara manapun yang memiliki budaya pemakaman batu berukir disebut Waruga. Hanya Waruga di Minahasa Sulawesi Utara. Juga deklarasi pendirian tetap bukti pemerintahan republik demokratis lama sistem pemerintahan ada di daerah ini yang merupakan deklarasi prasasti Pinawetengan sistem republik pendirian serikat buruh Minahasa.There juga gua-gua dan peninggalan kuno dari tahun 1.000-3.000 tersebar di Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Siau, Sangihe dan kerang Talaud.Juga bukit-bukit sisa inhabitants.For kuno petualangan arung jeram di sungai dapat mengikuti Makalu (Wongkai Minahasa Tenggara), desa Timbukar, Ranoiapo Sungai dan taman laut others.Bunaken menawarkan surga bawah laut yang menakjubkan Coelacant terlalu dini ikan dan laut lebih areas.Animals resort sekitarnya termasuk langkah-langkah khas Sulawesi Anoa (sapi hutan), Kuskus, Tarsius, Burung Taon, dan berbagai jenis satwa yang dilindungi dalam langkah-langkah hutan Tangkoko (Bitung) Sulawesi utara dan Minahasa tersebar di forest.There banyak lagi petualangan untuk dinikmati wisata daerah ini. juga dari daerah ini memiliki akses kedaerah wisata lain di Tanah Toraja (Sulawesi Selatan atau untuk Ternate (Maluku) dan bahkan untuk Mindanao (Pilipinan), Brunei, Malaysia. Segera hubungi kami jika anda tertarik untuk mengunjungi daerah-daerah wisata di Asia Pasifik baik ke Indonesia, Filipina, dan sebagainya.
atau hubungi viaEmail: wawontehu@gmail.com

Multi jaringan pasar

Multi jaringan pasar, bisnis jaringan Merupakan internasional yang memasarkan berbagai produk, mengelola berbagai usaha Ritel (HandPhone, Sparepart HP, Pulsa dan sebagainya), Komputer, Internet, Percetakan, Peternakan, Pertanian, Perikanan, Kebutuhan pokok, Konveksi, Pertambangan, Keuangan, Pariwisata dan lainnya.
Pengembangan bussines dari; Indonesia, Pilipina, Malaysia, Singapura, Timor Leste, Hongkong dan negara Eropah Pasific lalu ke Amerika dan lain sebagainya.
Tempat kunjungan pariwisata di Austronesia diantaranya Hawai, Indonesia di Bali, pulau Bunaken Kota Manado, Toraja dan lainnya, Singapura, Pilipina, Malaysia, Hongkong, Madagaskar, Taiwan dan negara-negara lainnya yang Memberikan kepuasan pengunjung disaat liburan.
Untuk yang berminat dengan wisata alam, taman laut, arung jeram, budaya, wisata sejarah, Melihat benda-benda purbakala maka langkah yang kami menawarkan salah satu lokai yang unik Tersedia cukup lengkap Wisata di daerah Manado, Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sangihe, Talaud, Siau. Jika Bali dengan peninggalan sejarahnya yang juga Terdapat kemiripan di DKI, maka daerah india utara sulawesi justru memiliki lokasi wisata yang sangat langkah satu-satunya diseluruh dunia. Sebab tidak ada dinegara manapun atau daerah yang memiliki budaya penguburan batu berukir yang Disebut Waruga. Waruga hanya ada di Minahasa Sulawesi utara. Deklarasi juga bukti peninggalan pemerintahan Pembentukan sistem pemerintahan republik demokrasi kuno hanya ada di daerah ini yaitu Prasasti Pinawetengan Merupakan sistem republik Deklarasi Berdirinya Serikat Minahasa.
Terdapat juga gua-gua peninggalan kuno dari tahun 1000 hingga 3.000 tersebar di Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Siau, Sangihe dan Talaud.Juga bukit kerang sisa makanan penduduk Purba.
Untuk yang Menyukai petualangan arung jeram di sungai dapat Mengikuti Makalu (Wongkai Minahasa Tenggara), desa Timbukar, Sungai Ranoiapo dan lain sebagainya.
Taman laut Bunaken menawarkan surga bawah laut yang luar biasa indah Purba Coelacant juga ikan dan banyak lagi tempat wisata laut daerah sekitarnya. Hewan-hewan ciri khas Sulawesi langkah diantaranya Anoa (sapi hutan), Kuskus, Tarsius, Burung Taon, dan berbagai jenis hewan dihutan langkah Lindung Tangkoko (Bitung) Sulawesi utara dan hutan yang tersebar di Minahasa.
Masih banyak lagi petualangan wisata yang dapat dinikmati didaerah ini. juga dari daerah ini memiliki akses kedaerah wisata yang lain lagi di tanah Toraja (Sulawesi Selatan atau ke Ternate (Maluku) Bahkan ke Mindanao (Pilipinan), Brunei, Malaysia. Segera hubungi kami Jika anda berminat Mengunjungi daerah-daerah wisata baik di Asia Pasific ke Indonesia, Pilipina dan sebagainya.
atau Hubungi melalui Email: wawontehu@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH IMAN KHARISMATIK

PAHLAWAN MENJADI KORBAN PERTUMBUHAN PENTAKOSTA
Paulus LumoindongPaulus Lumoindong, pendeta, Penggagas dan perintis Perkumpulan Lumoindong, penulis peneliti sejarah Minahasa dan Silsilah Lumoindong dan fam lainnya dari Minahasa. Pendiri dan Ketua yayasan Missi SejahteraPdt. Paulus Lumoindong atau lebih dikenal dengan nama Polce Lumoindong (lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 5 April 1945 – meninggal di Manado, 22 Oktober 1991 pada umur 46 tahun) adalah seorang rohaniawan Minahasa dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang rohaniawan nasional Indonesia. Paulus Lumoindong juga sebagai tokoh gereja. Ia dikenal dengan sebutan: "Si Alkitab berjalan" yang artinya: menyampaikan ceramah, khotbah dengan dapat menyebutkan satu pasal kata demi kata tepat seperti isi kitab, bahkan dalam berbagai ejaan dan terjemahan. Dalam pelayanannya di sebuah KKR seorang fotografer memotret dan tampak bayangan wajah malaikat. Penginjilan dengan api kebangunan rohani, roh nubuatan, kesembuhan, mujizat banyak terjadi dalam pelayanannya. Ia sebagai penerus pelayanan Persekutuan Pinkstergemeente, Indonesia.Mulai padamnya gerakan pentakosta dirasakan tahun 1970an, semangatnya yang bernyala untuk berdoa dan berpuasa membawanya berdoa puasa bersama mereka yang merindukan api gerakan pentakota berkobar lagi. Paulus Lumoindong pendiri lembaga Penginjilan Pentakosta Sedunia tahun 1970 bersama dengan sahabat-sahabatnya. Api Doa berkobar sehingga bersama team doa puasa mereka berdoa puasa berhari-hari bersama 400 an orang di kota Manado. Ribuan mujizat terjadi sehingga menarik banyak orang berduyun-duyun untuk mengalami mujizat kesembuhan, lawatan Tuhan. Beberapa orang yang telah meninggal diantaranya karena alkohol dan tewa kecelakaan lalulintas kemudian setelah didoakan tim persekutuan doa maka orang tersebut bangkit hidup kembali. Persekutuan doa yang mulanya hanya kelompok kecil kemudian telah menarik ratusan pendeta mengikutinya telah menjadi fenomena menarik di tahun 1970an. Para pemimpin organisasi yang merasa memiliki 'kuasa' mengadakan rapat untuk menghalangi gerakan ini meluas, hasil keputusan para pimpinan ini memecat para pendeta mereka yang ikut perekutuan doa tersebut.Pendoa yang menjadi kordinator notabene hanyalah seorang kostor digereja tersebut selain dipecat juga dimasukkan ke penjara dengan tuduhan melakukan pertemuan organisasi terlarang. Menunggangi keputusan presiden untuk memberantas ormas terlarang, laporan tokoh organisasi besar dengan mudah diikuti oknum aparat, sehingga W.Pangkey ditahan sekitar 5 tahun, tanpa diperhadapkan ke pengadilan. Hal ini menggenapi firman "Kamu akan dimasukkan kepenjara oleh pemimpin agama demi nama Tuhan". Setelah penangkapan dan pemecatan besar-besaran para pendeta, maka sejak itu bermunculanlah berbagai organisasi baru di Sulawesi Utara untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam berkumpul, beribadah. Diantaranya Yayasan Pekabaran injil Getsemani, Yayasan Pekabaran injil Kalvari, Berbagai persekutuan doa menjamur diseluruh Sulawesi utara bahkan merambat hingga keseluruh penjuru Indonesia. Kini persekutuan doa serta karismatik tak terbendung lagi, telah menjamur dimana-mana, bahkan yang dulunya dibenci dianggap sesat kini justru dibenarkan. Berbagai praktek persekutuan doa dan karismatik yang meluaskan bekerjanya Roh Kudus dengan manifestasi karunia kesembuhan, bahasa roh, dan lainnya juga pujian dengan menggunakan rebana dulunya dianggap sesat oleh pimpinan organisasi besar kini justru sudah diadopsi menjadi ciri khas organisasi tersebut.Paulus Lumoindong juga pendiri dan Ketua yang pertama Yayasan Missi Sejahtera . Ia meninggal di Manado hingga tiga kali setelah dua kali bangkit saat didoakan anak dan istrinya, etelah bangkit ia beraksi dibawah masuk sorga dan mendapatkan rumah pribadi yang diberikan Tuhan rumah luar biasa lebih dari istana dibumi, sedangkan rumah istrinya masih sementara dibangun. Saat meninggal ia sebagai Ketua persekutuan Jemaat Pentakosta Indonesia. Ia wafat pada tanggal 22 Oktober 1991 dan dimakamkan di Manado. PAHLAWAN MENJADI KORBAN PENTAKOSTAPaulus LumoindongPaulus Lumoindong, pendeta, Penggagas dan perintis Perkumpulan Lumoindong, penulis peneliti sejarah Minahasa dan Silsilah Lumoindong dan fam lainnya dari Minahasa. Pendiri dan Ketua yayasan Missi SejahteraPdt. Paulus Lumoindong atau lebih dikenal dengan nama Polce Lumoindong (lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 5 April 1945 – meninggal di Manado, 22 Oktober 1991 pada umur 46 tahun) adalah seorang rohaniawan Minahasa dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang rohaniawan nasional Indonesia. Paulus Lumoindong juga sebagai tokoh gereja. Ia dikenal dengan sebutan: "Si Alkitab berjalan" yang artinya: menyampaikan ceramah, khotbah dengan dapat menyebutkan satu pasal kata demi kata tepat seperti isi kitab, bahkan dalam berbagai ejaan dan terjemahan. Dalam pelayanannya di sebuah KKR seorang fotografer memotret dan tampak bayangan wajah malaikat. Penginjilan dengan api kebangunan rohani, roh nubuatan, kesembuhan, mujizat banyak terjadi dalam pelayanannya. Ia sebagai penerus pelayanan Persekutuan Pinkstergemeente, Indonesia.Mulai padamnya gerakan pentakosta dirasakan tahun 1970an, semangatnya yang bernyala untuk berdoa dan berpuasa membawanya berdoa puasa bersama mereka yang merindukan api gerakan pentakota berkobar lagi. Paulus Lumoindong pendiri lembaga Penginjilan Pentakosta Sedunia tahun 1970 bersama dengan sahabat-sahabatnya. Api Doa berkobar sehingga bersama team doa puasa mereka berdoa puasa berhari-hari bersama 400 an orang di kota Manado. Ribuan mujizat terjadi sehingga menarik banyak orang berduyun-duyun untuk mengalami mujizat kesembuhan, lawatan Tuhan. Beberapa orang yang telah meninggal diantaranya karena alkohol dan tewa kecelakaan lalulintas kemudian setelah didoakan tim persekutuan doa maka orang tersebut bangkit hidup kembali. Persekutuan doa yang mulanya hanya kelompok kecil kemudian telah menarik ratusan pendeta mengikutinya telah menjadi fenomena menarik di tahun 1970an. Para pemimpin organisasi yang merasa memiliki 'kuasa' mengadakan rapat untuk menghalangi gerakan ini meluas, hasil keputusan para pimpinan ini memecat para pendeta mereka yang ikut perekutuan doa tersebut.Pendoa yang menjadi kordinator notabene hanyalah seorang kostor digereja tersebut selain dipecat juga dimasukkan ke penjara dengan tuduhan melakukan pertemuan organisasi terlarang. Menunggangi keputusan presiden untuk memberantas ormas terlarang, laporan tokoh organisasi besar dengan mudah diikuti oknum aparat, sehingga W.Pangkey ditahan sekitar 5 tahun, tanpa diperhadapkan ke pengadilan. Hal ini menggenapi firman "Kamu akan dimasukkan kepenjara oleh pemimpin agama demi nama Tuhan". Setelah penangkapan dan pemecatan besar-besaran para pendeta, maka sejak itu bermunculanlah berbagai organisasi baru di Sulawesi Utara untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam berkumpul, beribadah. Diantaranya Yayasan Pekabaran injil Getsemani, Yayasan Pekabaran injil Kalvari, Berbagai persekutuan doa menjamur diseluruh Sulawesi utara bahkan merambat hingga keseluruh penjuru Indonesia. Kini persekutuan doa serta karismatik tak terbendung lagi, telah menjamur dimana-mana, bahkan yang dulunya dibenci dianggap sesat kini justru dibenarkan. Berbagai praktek persekutuan doa dan karismatik yang meluaskan bekerjanya Roh Kudus dengan manifestasi karunia kesembuhan, bahasa roh, dan lainnya juga pujian dengan menggunakan rebana dulunya dianggap sesat oleh pimpinan organisasi besar kini justru sudah diadopsi menjadi ciri khas organisasi tersebut.Paulus Lumoindong juga pendiri dan Ketua yang pertama Yayasan Missi Sejahtera . Ia meninggal di Manado hingga tiga kali setelah dua kali bangkit saat didoakan anak dan istrinya, etelah bangkit ia beraksi dibawah masuk sorga dan mendapatkan rumah pribadi yang diberikan Tuhan rumah luar biasa lebih dari istana dibumi, sedangkan rumah istrinya masih sementara dibangun. Saat meninggal ia sebagai Ketua persekutuan Jemaat Pentakosta Indonesia. Ia wafat pada tanggal 22 Oktober 1991 dan dimakamkan di Manado.